Rabu, 30 Desember 2009

Contoh Soal UAS

Nama Lukman Hakim
NIM 43108010005


Soal B – S

1. B – S Firma merupakan persekutuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan satu bisnis.
2. B – S Reasonable adalah dimana perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan realitas.
3. B – S Semua factor produksi berupa tanah, mesin, bangunan tidak akan berarti tanpa adanya manusia.
4. B – S Meningkatkan keahlian karyawan tidak perlu melakukan pelatihan dan pengembangan.
5. B – S Aset lancar adalah aset yang diperoleh untuk pemakaian jangka panjang.


Soal A,B,C,D

1. Di bawah ini, merupakan sumber permodalan, kecuali :
A. Modal Sendiri C. Pegadaian
B. Pinjaman Bank D. Leasing
2. Bebarapa persyaratan yang diminta bank dalam mengajukan kredit bagi debitur perseorangan adalah, kecuali :
A. Slip Gaji C. Fotocopy NPWP
B. Fotokopy Kartu Kuning D. Fotocopy Surat Utang
3. Bebrapa pengelompokkan pembeli antara lain dapat dilakukan berdasarkan, kecuali :
A. Lokasi Tempat Tinggal C. Jabatan
B. Demografis D. Psikologis
4. Keunggulan kewirausahaan adalah :
A. Menambah pengangguran
B. Menciptakan lapangan Pekerjaan
C. Mengurangi Kualitas Hidup
D. Meningkatkan Kejahatan
5. Beberapa bentuk pertanggungjawaban sosial kewirausahaan adalah, kecuali :
A. Tanggung jawab terhadap lingkungan
B. Tanggung jawab terhadap investor
C. Tanggung jawab terhadap orang tua
D. Tanggung jawab terhadap debitur

Soal Essay

1. Jelaskan analisis SWOT dalam meancang pemasaran ?


JAWABAN
Soal B – S

1. B 3. B 5. S
2. B 4. S


Soal A,B,C,D

1. D 3. C 5. C
2. D 4. B

Selasa, 22 Desember 2009

buat soal

yodhi rheza

soal benar salah
bab 6
tentukan tujuan besar yang hendak dicapai adalah mengenai tujuan anda (benar)
bab 6
keunikan ini akan membuat usaha anda tidak mudah ditiru oleh calon pesaing ingat moto kedua lakukan.....,lakukan.....,dan lakukan!!!!!! (salah)
bab 7
perncanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan berpikir dengan SMART (benar)
bab 7
usaha yang mudah direncanakan dengan baik pun kadang kala mengalami kegagalan (benar)
bab 8
modal investasi awal adalah modal yang diperlukan (benar)

soal pilihan ganda
bab 8
debitur perorangan berasal dari berbagai macam latar belakang pekerjaan kecuali
a.pengusaha c.konsumen
b.karyawan d.profesional
bab 8ada beberapa hal penting dalam manajemen kas yaitu??
a.mempikirkan penjualan
b.mempikirkan penerimaan saldo
c.mempikirkan pengeluarkan kas
d.a,dan c benar

salah satu modal yang harus dimiliki pembisnis adalah bergaul yang ditunjukan untuk mempeluas??
a.network
b.usaha
c.pasar
d.omzet

dalam berbisnis,kita harus memperhatikan factor-factor??
a.pelanggan
b.pasar
c.marketing max
d.promotion

reputasi yang baik merupakan.........bagi seseorang pengusaha muda
a.tekad
b.modal utama
c.keterampilan
d.skill

esai
hendaknya orang tak terlalu menilai tinggi (overrated) sekaligus memuja-muji atas bakat,karena banyak faktor yang mempengaruhi sukses tindak seseorang.jelaskan tentang hal ini

merancang strategi pemasaran

yodhi rheza
PEMASARAN
kurangnya pemahaman para pengusaha tentang pentingnya pemasaran selama ini mengakibatkan kurangnya upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pemasaran.pengusaha kecil berpikir bahwa peningkatkan biaya overhead akan meningkatkan efisien atau perputaran barang.
untuk mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai,maka secara umum dapat dilakukan proses pemasaran sebagai berikut:
-pengenal pasar
-strategi pemasaran
-bauran pemasaran
-evaluasi pemasaran
PENGENALAN PASAR
pengenal pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah,karakteristik,dan sifat sebuah pasar.hasil pengenalan pasar dapat saja sangat sederhana,mungkin berupa permintaan barang atau jasa dengan syarat-syarat khusus oleh kelompok.

mengelolah keuangan usaha

yodhi rheza
pada dasarnya usaha perlu memerlukan modal.modal usaha dapat berupa modal dana dan modal nondana berupa keahlian dan keterampilan.ada istilah cina mengatakan bahwa tidak ada untungnya tanpa ada modal.dengan demikian,pastilah kita memerlukan modal dana untuk memulai usaha.
bagi debitur yang berbentuk badan usaha seperti CV,PT,firma,dan lain-lain persyaratan yang diminta adalah:
-fotokopi identitas diri dari para pengurus perusahaan
-fotokopi nomor pokok wajib pajak
-fotokopi surat izin usaha perdagangan
-fotokopi akte pendirian perusahaan notaris
-fotokopi tanda daftar perusahaan
-fotokopi rekening koran/giroatau buku tabungan
-data keuangan lainnya,seperti neraca keuangan,laporan laba rugi,catatan penjualan dan pembelian lain,dan data pembukuan lainnya

mengelolah peluang usaha

perancang dan operasi usaha

yodhi rheza
usaha yang sudah direncanakn dengan baik pun kadang kala mengalami kegagalan.
usha yang tadinya kelihatan menjanjikan dan mempunyai prospek baik,ternyata tidak selamanya memberi hasil yang baik pula.
beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam penentuan lokasi yaitu
-dekat dengan pasar dan pelanggan
-dekat dengan sarana transportasi
-pasokan tenaga kerja terjamin kesediannya
-listrik,air dan prasarana
-dekat dengan lembaga keuangan
-dekat dengan pusat pemerintahan
struktur organisasi dapat memberikan fasilitas bagi pengembangan dan pencapaian tujuan jangka panjang dan sekaligus juga efisien dalam operasionalnya tugas-tugas jangka pendek

mengenal peluang dan jenis usaha

yodi reza

setiap wirausaha harus dapat menciptakan sebuah nilai usaha dengan cara mengubah semua tantangan menjadi peluang melalui ide-ide dan akhirnya menjadi pengendali acara.
berikut ini cara sederhana yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT.
-MELIHAT kekuatan tang dimiliki seprti lokasi
-melihat kelemahan dimiliki agar kita tidak memaksakan diri melakukan usaha
-melihat peluang yang dapat memanfaatkan dan memberikan keuntungan
-melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang beresiko tinggi

pemikiran awal untuk menentukan usaha apa yang hendak dijalankan
-lihat brng di sekeliling
-browsing di internet
-baca buku yang berkaitan dengan kewirausaha
-baca koran,majalah
-baca buku kuning
-kunjungi teman
-dll

Minggu, 20 Desember 2009

buat soal

Nama : Eri Setiyadi
NIM : 43108010217


Soal Benar - salah
  1. Cara melihat peluang bisnis di sekeliling kita dengan cara analisis SWOT. (benar)
  2. Achievable perencanaan yang telah di buat tersebut harus tercapai. (benar)
  3. Untuk memulai usaha, kita harus dari modal terkecil. (benar)
  4. Strategu menembus pasar tidak harus menjangkau sasaran pembeli. (salah)
  5. Perubahan lingkungan bisnis tidak akan terjadisetiap saat.(salah)
Soal Pilihan Ganda

1. Perncanan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan adalah.
(a. SMART) c. Keberanian
b. SWOT d. Modal yang besar

2. Pendirian suatu perusahan akan sangat tergantung pada
(a. Pemilihan jebis badan usaha) c. Pemilihan jenis produk
b. Pemilihan jenis bahan baku d. Pemilihan jenis kemandirian

3. Pengenalan pasar, Strategi pemasaran, bauran pemasaran, dan evaluasi pemasaran merupakan proses dari
a. Proses pengendalian c. Proses penjualan
(b. Proses pemasaran) d. Proses periklanan

4.Kredit yang bisa digunakan untuk tujuan apapun yaitu kredit
a. Kredit bank ( c. Kredit serba guna)
b. Kredit asuransi d. Kredit macet

5. Perencanaan yang detail akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi
a. Peluang c. Keleluasaan
b. Waktu (d. Resiko)

Rabu, 16 Desember 2009

Bab 8 Mengelola Keuangan Usaha

Nama : Lukman Hakim
NIM : 43108010005

Pada dasarnya setiap usaha memerlukan modal, modal usaha dapat berupa modal dana modal nondana berupa keahlian dan keterampilan.
Tiga jenis modal dalam menjalankan usaha adalah modal investasi, modal kerja, dan modal operasional.
Sumber permodalan diperoleh melalui modal sendiri, pinjaman bank, bank syariah, dan sumber modal lainnya.
Dalam mengelola keuangan usaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
- Jangan pernah mencampurkan antara uang usaha dan uang pribadi.
- pastikan sistem pencatatan yang rapi dan teratur sesuai dengan kaidah akuntansi, walaupun akuntansi sederhana.

Kajian Kasus : Berebut Kecap Nomor 1

Nama : Lukman Hakim
NIM : 43108010005

Persaingan antara kecap bango dan kecap ABC dalam memperebutkan pasar kecap untuk menjadi siapa yang berhak mendapatkan predikat kecap nomor 1 memeng sangat menarik untuk diperhatikan. persaingan antara kecap bango dan kecap ABC banyak menggunakan strategi-starategi pemasaran yang sangat bagus.
Kecap bango yang merupakan kompetitor dari kecap ABC memang banyak menggunakan strategi pemasaran untuk menguasai pasar yang ada. Unilever selaku pemilik produk kecap bango melakukan strategi pemasaran denagn melakukan Push Market melalui distribusi yang dalam dan merata, dan Pull Market melalui promosi yang gencar.

Kamis, 10 Desember 2009

Merencanakan Strategi Pemasaran

Nama : Eri Setiyadi
NIM :43108010217


Strategi pemasaran dirumuskan berdasarkan SWOT dan sasaran yang ingin dicapai, dan penetapannya terutama didasarkan pada pertimbangan biaya dan manfaat, serta kemampuan sumberdaya untuk melaksanakannya. Contoh pernyataan strategi pemasaran kecap lokal merek X (hipotetik) dipaparkan di bawah ini.
. Pasar sasaran : Kelas menengah ke bawah.
a. Penempatan : Produk kecap yang kaya dengan protein, enak dan murah
b. Lini produk : Melakukan diversifikasi merek dan kemasan untuk membedakan segmen pasar kelas menengah dan kelas bawah dan dengan harga yang berbeda.
c. Harga : Sedikit lebih rendah dari harga pesaing
d. Saluran distribusi : Konsentrasi pada warung-warung, grosir, dan warung baso, dan mie rebus.
e. Tenaga penjual : Menambah jumlah dan meningkatkan kemampuan tenaga penjual serta memberikan insentif yang baik.
f. Pelayanan : Produk mudah dan murah untuk diperoleh.
g. Promosi : Meningkatkan anggaran promosi untuk mencetak leaflet/ spanduk kecil yang akan ditempatkan di warung-warung, serta untuk hadiah.
h. Litbang : Menaikkan anggaran sebesar 10% untuk menyempurnakan disain label kemasan untuk segmen kelas menengah.
i. Riset Pemasaran : Menekankan pada kegiatan marketing intelegent untuk mengamati gerak-gerik pesaing, serta melakukan jajak pendapat mengenai persepsi konsumen terhadap produk kecap merek X.
6. Program Aksi. Berisi rincian setaip unsur dari strategi pemasaran yang telah disusun, terutama untuk menjawab apa yang akan dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang melakukan, dan berapa biayanya?.
7. Proyeksi Rugi Laba. Menyusun anggaran dan proyeksi rugi laba dari rencana pemasaran yang akan dilakukan.
8. Pengendalian. Menyusun rencana evaluasi dan monitoring secara berkala mengenai pelaksanaan rencana, sehingga penyimpangan dalam pelaksanaan dapat segera dilakukan pengendalian.

Mengelola Keuangan Usaha

Nama : Eri Setiyadi
NIM : 43108010217


Dalam dunia usaha mengelola keuangan itu sangat pentig karena kita dapat mengetahui kondisi keuangan selama kita melaksanakan usaha.Karena dalam setiap usaha kita wajib mempunyai laporan keuangankarena dengan adanya laporan keuangan kita lebih mudah mengatur arus keuangankita.

Rabu, 09 Desember 2009

Posting Tanggal 8 Desember 2009.
yang ga ada namanya punya saya,

Anas.Praditya
43108010010

BAB 9 , Merancang Strategic Pemasaran

Dalam bab ini maksudnya yaitu dalam membuat suatu bisnis kita harus mempunyai perencanaan dan strategi yang tepat untuk usaha yang kita jalanin .
Cara untuk merancang stratgi :
1. Berbincang (Observasi).
2. Faktor Wilayah dan Pemukiman.
3. Modal.

BAB 8 , Mengelola Keuangan Usaha

Dalam usaha tidak harus mempunyai modal yang besar dengan modal kecil kita bisa membuka usaha . akan tetapi dalam usaha kita harus optimis , berani , dan tekunin lebih dalam . Selain itu untuk membuka usaha bisa meminjam uang di bank dengan pembayaran jangka panjang yang bertujuan tidak mempersulit buat usahawan.

Minggu, 06 Desember 2009

perencanaan dan operasionalisasi usaha

Nama : Eri Setiyadi
NIM : 43108010217

Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha


Dengan perencanaan yang baik kita tidak mudah tergoda beralh pada usaha yang klihatannya lebih menggiurkan, tetapi sebenarnya kita belum mengetahi secara detail . perencanaan yang detail juga akan membuat kita siap dalam menghadapi resiko , karena segala sisi dalam usaha telah diperhitungkan dengan baik . perencanaan yang baik juga akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelola.
Usaha yang sudah direncanakan dengan baik pun kadang kala mengalami kegagalan . usah yang klihatannya menjanjikan dan mempunyai prospek yang baik , ternyata tidak selamanya memberi hasil yang baik juga . hal ini terjadi karna kurang jeli dalm melihat peluang dan menentukan jenis usaha apa yang akan dikelola .
Dengan perencanaan yang baik , kita dapat menjawab semua petanyaan yang mungkin timbul di masa datang .

enentuan lokasi dan fasilitas pendukung (Layot)
Lokasi sangat menentukan keberhasilan suatu usaha , tanpa mempertimbangkan dengan baik dalam menentukan lokasi , maka akan berakibat pada sepinya pengunjung atau tidak dapat nya perusahaaan melakukan perluasan.
Untuk memilih lokasi perlu dipertimbangkan sesuai keperluan , yaitu antara lain :
  1. lokasi kantor, yaitu diperuntukan sebagai tempat pengendalaian kegiatan operasional unit dibawahnya .
  2. Lokasi pabrik, yaitu lokasi yng digunakan untuk melakukan proses produksi barabg atau jasa.
  3. Lokasi Gudang, merupakn tempat penyimpangan barang milik perusahaan baik barang yang masuk maupun barang yang keluar.
  4. Lokasi Cabang, yaitu lokasi kegiatan usaha perusahaan dala melayani konsumen langsung pada wilayah-wilayah tertentu.

Pemilihan lokasi memiliki seni yang tinggi, bahkan ada wirausaha yang sudah meramalkan bahwa keberadaannya akan sangat menentukan kesuksesan usaha yang dijalaninya.
Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam penentuan lokasi , yaitu:

1. dekat dengan pasar atau pelanggan
2. dekat dengan saran transportasi
3. pasokan tenaga kerjanya terjamin kesediaannya.
4. listrik, air dan sarana prasarana lainnya.
5. dekat dengan lembaga keuangan
6. dekat dengan kawasan industri pendukung
7. dekat dengan pusat pemerintahan
8. lokasi dapat dikembangkan
9. pertimbangan social budaya masyarakat dan lngkungan nya
10. hokum yang berlaku dilingkungan tersebut.
11. dekat dengan pelabuhan , bandara , stasiun dan terminal
12. besarnya nilai investasi untuk lokasi
13. nilai ekonomis masa datang dari lokasi
14. iklim dan tekstur tanah serta pertimbangan lainnya.

Mengenali Hingga Memilih Pelang usaha Yang Tepat.

Nama : Eri Setiyadi
NIM : 43108010217



Mengenali Hingga Memilih Pelang usaha Yang Tepat.

Banyak pengusaha yang mengawali uasahanya dalam situasi yang serba sulit kondisi yang tidak pasti dan akhirnya frustasi ; atau bahkan hanya menunggu dan tidak melakuan apapun .
Dalam kondisi seperti ini, apa yang hrus kita lakukan ??
Berusaha mewujudkan impian menjadi orang sukses tanpa persiapan yang matang , hasilnya menjad tidak jelas,
Berikut adalah cara sederhana yang dapat dilakukan dalam menera[pkan analisis SWOT:
  1. Melihat kekuatan yang dimiliki seperti lokasi , sumber-sumber bahan baku yang mudah didapat, mudah dijnagkau oleh konsumen atau pelanggan dan kekuatan lainnya yang dapat dimanfaatkan . contoh : lokasi didekat kampus atau mal.dapat dikembangkan menjadi kos-kosan , warnet, rental computer , dan masih banyak lagi.
  2. Melihat kelemahan yang dimiliki agar kita tidak memaksakan diri untuk melakukan usaha yang sebenarnya tidk dapat dilakukan karena kita memiliki kekuatan tertentu. Contoh: sebaiknya jangan membuka rental computer , tetapi tidak mengetahui sama sekali keterampilan dalam mengoprasikan computer.
  3. Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberi keuntungan . contoh membuka usaha fotokopi dilingkungan dekat kampus , membuka usaha kantin didekat perkantoran , dan lain-lain.
  4. Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang beresiko tinggi, memiliki siklus hidup ynag pendek dan tidak terukur. Trlebih lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita . contoh: investasi saham , diman kita tidak memiliki cukup ilmu tentangnya atau bermain dipasar yang pelakunya sudah sangat banyak.

Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita . selama masih ada kebutuhan dan keinginan. Selam itulah ada kebutuhan dan keinginan , selama itu pula masih terdapat peluamg yang dapat kita manfaatkan , missal:
  • Menehali kebutuhan pasar
  • Mengembangkan produk yang telah ada dipasaran
  • Memadukan bisnis –bisnis yang ada.
  • Mengenali kecendrungan (tren) yang terjadi
  • Waspadai segala kemungkinan yang awalnya terliahat sepele, yang ternyata telah ditekuni dapat menjadi bisnis yang luar biasa.
  • Menggunakan asumsi-asumsi yang baru (tidak Baku)
Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain:
  1. Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
  2. buat daftar ide usaha
  3. nilai kemampuan pribadi
  4. pilih criteria
  5. membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha , konsultan , atau mentor
  6. nilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang melalui riset.
  7. menetapkan pilihan

Perusahaan Perseorangan
Perusahaan perseorangan (sole proprietorship) merupakan perusahaan yang dimiliki dan diselenggarakan oleh satu orang .bentuk usaha ini memiliki kerakteristik tertentu , seperti modal yang kecil, jumlah tenaga kerja banyak atau sedikit , terbatasnya keanekaragaman produk dan jasa yang dihasilkan dan pengusaha teknologi yang asih sederhana .

Persekutuan
Persekutuan (partnership) merupakan bentuk legal suatu bisnis yang dimiliki dua orang atau lebih untuk mencapa tujua bisnis.
Dalam persekutuan terdapat dua macam kategori, yaitu sekutu umum dan sekutu terbatas.

Rabu, 02 Desember 2009

Perencanaan dan Operasionalisasi usaha

Nama : Lukman Hakim
NIM : 43108010005


Nama Usaha : Loexs Jeans
Jenis Usaha : Konveksi

Usaha konveksi ini membuat khusus celana dengan bahan jeans, baik untuk pria dan wanita, produknya untuk dewasa, dengan berbagai macam warna, style, ukuran yang diinginkan sehingga customer dapat memilih apa yang diinginkannya....

Perencanaan dan Operasionalisasi usaha

Nama lukman hakim
NIM 43108010005


Tujuan yang ingin ditetapkan : mendirikan konveksi, mendirikan counter pulsa, mendirikan steam motor....
Urutan Prioritas : 1. mendirikan konveksi, 2. Mendirikan counter pulsa, 3. Mendirikan steam motor...
Target waktu pencapaian : mendirikan konveksi (1 tahun), mendirikan counter (1tahun), mendirikan steam motor (1tahun)...
Target Kuantitatif : memiliki toko atau counter sendiri, memiliki cabang...
Apakah sudah jelas dan spesifik : "ya"
Apakah berarti bagi diri pribadi anda : "ya"
Perhitungan resiko : konveksi memiliki resiko yang cukup besar...