Minggu, 06 Desember 2009

Mengenali Hingga Memilih Pelang usaha Yang Tepat.

Nama : Eri Setiyadi
NIM : 43108010217



Mengenali Hingga Memilih Pelang usaha Yang Tepat.

Banyak pengusaha yang mengawali uasahanya dalam situasi yang serba sulit kondisi yang tidak pasti dan akhirnya frustasi ; atau bahkan hanya menunggu dan tidak melakuan apapun .
Dalam kondisi seperti ini, apa yang hrus kita lakukan ??
Berusaha mewujudkan impian menjadi orang sukses tanpa persiapan yang matang , hasilnya menjad tidak jelas,
Berikut adalah cara sederhana yang dapat dilakukan dalam menera[pkan analisis SWOT:
  1. Melihat kekuatan yang dimiliki seperti lokasi , sumber-sumber bahan baku yang mudah didapat, mudah dijnagkau oleh konsumen atau pelanggan dan kekuatan lainnya yang dapat dimanfaatkan . contoh : lokasi didekat kampus atau mal.dapat dikembangkan menjadi kos-kosan , warnet, rental computer , dan masih banyak lagi.
  2. Melihat kelemahan yang dimiliki agar kita tidak memaksakan diri untuk melakukan usaha yang sebenarnya tidk dapat dilakukan karena kita memiliki kekuatan tertentu. Contoh: sebaiknya jangan membuka rental computer , tetapi tidak mengetahui sama sekali keterampilan dalam mengoprasikan computer.
  3. Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberi keuntungan . contoh membuka usaha fotokopi dilingkungan dekat kampus , membuka usaha kantin didekat perkantoran , dan lain-lain.
  4. Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang beresiko tinggi, memiliki siklus hidup ynag pendek dan tidak terukur. Trlebih lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita . contoh: investasi saham , diman kita tidak memiliki cukup ilmu tentangnya atau bermain dipasar yang pelakunya sudah sangat banyak.

Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita . selama masih ada kebutuhan dan keinginan. Selam itulah ada kebutuhan dan keinginan , selama itu pula masih terdapat peluamg yang dapat kita manfaatkan , missal:
  • Menehali kebutuhan pasar
  • Mengembangkan produk yang telah ada dipasaran
  • Memadukan bisnis –bisnis yang ada.
  • Mengenali kecendrungan (tren) yang terjadi
  • Waspadai segala kemungkinan yang awalnya terliahat sepele, yang ternyata telah ditekuni dapat menjadi bisnis yang luar biasa.
  • Menggunakan asumsi-asumsi yang baru (tidak Baku)
Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain:
  1. Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
  2. buat daftar ide usaha
  3. nilai kemampuan pribadi
  4. pilih criteria
  5. membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha , konsultan , atau mentor
  6. nilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang melalui riset.
  7. menetapkan pilihan

Perusahaan Perseorangan
Perusahaan perseorangan (sole proprietorship) merupakan perusahaan yang dimiliki dan diselenggarakan oleh satu orang .bentuk usaha ini memiliki kerakteristik tertentu , seperti modal yang kecil, jumlah tenaga kerja banyak atau sedikit , terbatasnya keanekaragaman produk dan jasa yang dihasilkan dan pengusaha teknologi yang asih sederhana .

Persekutuan
Persekutuan (partnership) merupakan bentuk legal suatu bisnis yang dimiliki dua orang atau lebih untuk mencapa tujua bisnis.
Dalam persekutuan terdapat dua macam kategori, yaitu sekutu umum dan sekutu terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar